Khasiat Minyak Cengkeh

Gambar

Cengkeh merupakan tumbuhan perdu yang dapat memiliki batang pohon besar dan berkayu keras. Cengkeh dapat bertahan hidup puluhan bahkan sampai ratusan tahun. Tingginya dapat mencapai 20-30 meter dan cabangnya cukup lebat. Cabang-cabang dari tumbuhan cengkeh tersebut pada umumnya panjang dan dipenuhi oleh ranting-ranting kecil yang mudah patah. Daun cengkeh berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan bagian ujung dan pangkalnya menyudut, rata-rata mempunyai ukuran lebar berkisar 2-3 cm dan panjang daun tanpa tangkai berkisar 7,5-12,5 cm. Bunga dan buah cengkeh akan muncul pada ujung ranting daun dengan tangkai pendek serta bertandan.
Cengkeh dikenal dengan nama latin Syzygium aromaticum atau Eugenia aromaticum. Tanaman asli Indonesia ini tergolong ke dalam keluarga tanaman Myrtaceae pada ordo Myrtales. Sampai saat ini, sebagian besar kebutuhan cengkeh dunia (80%) masih dipasok oleh Indonesia, disusul oleh Madagaskar dan Tanzania.
Awalnya bagian dari pohon cengkeh yang sering digunakan dan diolah adalah bunga cengkeh. Bunga cengkeh merupakan bagian utama dari pohon cengkeh yang biasa dimanfaatkan dalam industri rokok dan industri makanan. Namun, dengan adanya penemuan-penemuan baru, bunga cengkeh dan bagian lain dari pohon cengkeh seperti daun dan tangkai bunga telah dimanfaatkan sebagai sumber minyak cengkeh yang digunakan dalam industri farmasi, kosmetik dan lain-lain.

Minyak cengkeh merupakan salah satu minyak atsiri yang cukup banyak dihasilkan di Indonesia dengan cara penyulingan air dan uap. Minyak cengkeh berupa cairan berwarna bening sampai kekuning-kuningan, mempunyai rasa yang pedas, keras, dan berbau aroma cengkeh. Warnanya akan berubah menjadi coklat atau berwarna ungu jika terjadi kontak dengan besi atau akibat penyimpanan.

Temen-temen tahu tidak apa itu minyak atsiri??? Minyak atsiri adalah minyak yang mengandung zat berbau dari dalam tanaman itu sendiri. Minyak atsiri disebut juga minyak menguap, minyak eteris atau minyak essensial yang karena pada suhu biasa (suhu kamar) mudah menguap di udara terbuka. Dalam keadaan segar dan murni tanpa pencemaran, minyak atsiri umumnya tidak berwarna.

Minyak cengkeh ini mempunyai banyak khasiat, yaitu:

1. Sebagai obat sakit gigi yang mujarab oleh dokter gigi, eugenol yang diencerkan dengan alkohol (kadar di kisaran 10-20%) dijadikan obat standar untuk sakit gigi. Bila anda membaca indeks komposisi obat gigi, bahan aktifnya adalah eugenol. Bila langsung menggunakan minyak cengkeh, efek penyembuhannya juga sama, tetapi sangat pahit dan panas, terlebih masuk ke dalam rongga mulut, terkena lidah dan gusi. Kalaupun terpaksa menggunakan minyak cengkeh murni, sebaiknya menggunakan secuil kapas yg dibasahi sedikit saja dengan minyak cengkeh. Meski pahit dan pedas, masih bisa ditahan.
2. SebagaiΒ  obat luka berdarah. Luka berdarah yang masih baru atau sudah lama, sangat cocok diberi minyak cengkeh. 15 menit pertama, memang rasanya sangat panas, hampir 5 kali dibandingkan Rheumason. Namun, bila diolesi minyak cengkeh, efek penyucianhama (desinfektan), perangsangan penutupan luka dan pembentukan jaringan baru sangat cepat dibandingkan dengan obat lain.
3. Sebagai obat luka bernanah
4. Sebagai obat luka bakar
5. Dapat dijadikan untuk minyak urut karena sifatnya yang panas, minyak cengkeh sangat cocok digunakan untuk memijat dan mengurut urat yang capek maupun keseleo. Namun perlu diingat, panasnya 5 kali lebih kuat dibanding balsem. Apalagi minyak yang baru keluar dari penyulingan. Hati-hati untuk penderita lemah jantung ataupun darah tinggi karena bisa sontak kaget.

Selain yang telah disebutkan di atas. Ternyata minyak cengkeh mempunyai khasiat lain lho. Yaitu sebagai antibiotik dan juga antiviral. Dari beberapa peneliti yang sudah melakukan eksperimen secara in vitro. Menunjukkan bahwa minyak cengkeh memiliki efek antibakteri. Minyak cengkeh ini dapat berperan untuk menggangu permeabiltas membran sel, menghambat fungsi membran sitoplasma serta menghambat pertumbuhan bakteri penyebab cariess gigi, yaitu Streptococcus mutans pada konsentrasi 0,025 mg/ml. Dan dapat juga menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Sebagai antiviral minyak cengkeh dapat menghambat DNA polimerasi virus.

Semua itu karena zat yang terkandung dalam minyak cengkeh, seperti minyak atsiri yang terdiri dari komponen utamanya yaitu eugenol, eugenol acetat, Bheta caryophillen. Selain itu kandungan lainnya dalam minyak cengkeh terdapat zat samak tipe gallat, sianidin ramnoglukosida, kuersentin, kaemferol, mirisetin dan isokuersentin.

Eugenol merupakan kandungan yang paling utama dalam minyak cengkeh. Eugenol berupa zat cair berupa zat cairberbentuk minyak, tidak berwarna atau sedikit kekuningan, menjadi coklat dalam udara, berbau dan berasa rempah-rempah. Dapat larut dalam alkohol dan mudah menguap. Eugenol inilah yang membuat minyak cengkeh dapat dijadikan sebagai antibiotik dan juga antiviral. Eugenol tersebut bersifat lipofilik yang dapat mengakibatkan terjadinya adhesive dengan membran sel bakteri dan tekanan osmotik meningkat sehingga mengakibatkan kerusakan pada membran sel bakteri, menghambat respirasi sel, menggangu transport ion pada bakteri dan terjadi kematian bakteri.

Eugenol juga merupakan turunan dari ikatan fenol. Ikatan fenol pada dinding sel bakteri dapat mengakibatkan koagulase protein. Koagulase protein ini mnyebabkan perubahan enzim transpeptidase sehingga terjadi gangguan pembentukan sintesis dinding sel bakteri yang terdiri dari peptidoglikan dengan gugus polisakarida dan polipeptida pada akhirnya sel bakteri akan mengalami lisis dan mati.

Referensi
Tumbuhan Obat dan Sains (Medicinal Plants and Science): Minyak Cengkeh dan khasiatnya
Manfaat Minyak Cengkeh | Kenapa Sama
BAB II.pdf (application/pdf Object)

113 thoughts on “Khasiat Minyak Cengkeh

  1. biasanya ada di kue nastar dengan atasnya cengkeh yang utuh, klo cengkeh yg utuh dimakan langsung sama ga khasiatnya dengan ekstraknya saja yg di konsumsi?

    • Nilam Angraini says:

      Penambahan cengkeh pada kue nastar biasanya hanya sebagai pemanis dan untuk menambahkan cita rasa karena cengkeh merupakan tanaman rempah” yang biasanya digunakan untuk penambah rasa dalam masakan selain itu cengkeh juga dapat mengahasilkan aroma yang khas pada makanan. Untuk khasiat cengkaeh baik yang utuh maupun dalam bentuk ekstrak tetap sama karena kandungan zat dalam cengkeh tidak berkurang hanya wujudnya saja yang berbeda.

  2. Apakah hanya kontak pada unsur besi (Fe) cengkeh akan mengalami perubahan warna ? Dapatkah terjadi perubahan warna jika melakukan kontak pada unsur kimia lainnya ?

    • dari beberapa sumber yang telah saya baca dapat disimpulkan iyh hanya dengan besi, karena Eugenol yang terdapat dalam minyak cengkeh merupakan salah satu senyawa fenol yang memiliki gugus hdroksil yang terikat pada karbon tak jenuh, sehingga eugenol sangat mudah bereaksi dengan senyawa yang mengandung unsur besi contohnya besi (III) klorida dan menghasilkan larutan berwarna. jika direaksikan dengan unsur lain mungkin saja terjadi perubahan warna, tapi perubahan warna yang terlihat jelas hanya pada reaksi eugenol dengan besi (Fe).

  3. meliarahman says:

    banyak juga ya kandungan yang terdapat dalam minya cengkeh ini dan minyak ini sangat bermanfaat dalam pengontrolan bakteri. seperti yang saya kutip dari pernyataan anda bahwa ” Minyak cengkeh ini dapat berperan untuk menggangu permeabiltas membran sel, menghambat fungsi membran sitoplasma serta menghambat pertumbuhan bakteri penyebab cariess gigi, yaitu Streptococcus mutans pada konsentrasi 0,025 mg/ml. Dan dapat juga menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Sebagai antiviral minyak cengkeh dapat menghambat DNA polimerasi virus”. kira-kira kandungan yang mana saja ya yang memiliki fungsi diatas?

    • Kandungan yang berperan utama dalam menghambat pertumbuhan bakteri, menghambat fungsi membran sitoplasma serta menghambat DNA polimerase virus ialah eugenol karena eugenol tersebut bersifat lipofilik yang dapat mengakibatkan terjadinya adhesive dengan membran sel bakteri dan tekanan osmotik meningkat sehingga mengakibatkan kerusakan pada membran sel bakteri, menghambat respirasi sel, menggangu transport ion pada bakteri dan terjadi kematian bakteri juga virus

  4. haariiyanto says:

    iya sangat setuju dengan nilam.. Banyak banget manfaat dari minyak cengkeh..Dan nilai ekonomis dari minyak cengkeh ini juga sangat tinggi..ini beberapa artikel yang merujuk pada manfaat dari minyak cengkeh.. http://bumbata.com/12180/fakta-informasi-penting-tentang-minyak-cengkeh/#axzz2DIh4x3gn
    http://bumbata.com/12172/tips-sehat-alternatif-6-khasiat-manfaat-minyak-cengkeh/#axzz2DIh4x3gn
    http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/02/17/minyak-cengkeh-%E2%80%93-keajaiban-dari-dunia-tropis/

    • terimakasih pada Hary yang telah menambahkan link tentang minyak cengkeh,, semoga dengan ini teman-teman dapat bertambah pengetahuannya kan khasiat dan manfaat dari minyak cengkeh…

      • haariiyanto says:

        Iya sama-sama nilam πŸ™‚ Ternyata rempah-rempah tropis memang banayk memiliki kelebihan daripada tumbuhan2an lain. Selain itu nilai ekonomisnya juga tinggi. Disini sebenarnya tinggal peran masyrakat dan pemerintah supaya perkebunan cengkeh bisa kembali menjadi salah satu andalam dalam bidang ekonomi πŸ™‚

      • yup,, benar sekali Hary,, cengkeh merupakan salah satu komoditi pasar ekspor terbesar dari Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan penanganan yang baik dalam pengelolaannya. πŸ™‚

  5. hennyerna says:

    apakah pada sakit gigi, luka berdarah, luka bernanah dan luka terbakar terdapat bakteri atau virus sehingga penyembuhannya bisa menggunakan minyak cengkeh?
    Jika minyak cengkeh dapat digunakan sebagai antibiotik dapatkah penggunaan obat antibiotik digantikan oleh minyak cengkeh? kalau bisa ada efek sampingnya atau tidak..?

    • penyembuhan dengan menggunakan minyak cengkeh tidak hanya untuk penyakit yang disebabkan bakteri saja, jadi belum tentu sakit pada gigi, luka berdarah dan terbakar disebabkan oleh bakteri ataupun virus mungkin iyah pada luka bernanah karena nanah dihasilkan dari pertempuran antara bakteri penyebab luka dengan sel leukosit atau sel darah putih.
      bisa saja digantikan,,, misalkan saja alkohol cairan antibiotik kita ganti dengan minyak cengkeh untuk pengobatan luar contah bila terjadi luka bernanah. efek sampingnya penderita hanya akan mengalami rasa panas karena itu salah satu dari sifat minyak cengkeh,,,,

  6. ternyata cengkeh banyak manfaatnya. Kalo bukan minyak cengkeh, misal cengkeh yang dimasukkan pada makanan atau minuman. Apakah punya khasiat yang sama, nil? Biasanya orang betawi suka nambahin cengkeh di teh nya, kalo di kamu kayak gitu juga gak? Hehehe

    • pertanyaan ini sama dengan pertanyaannya fathimah,, cengkeh yang dijadikan sebagai penambah dalam makanan maupun minuman biasanya hanya dijadikan sebagai penambah citarasa dan aroma. jika menkonsumsi cengkeh seperti itu secara berkala mungkin akan terasa khasiatnya karena kandungan cengkeh dengan minyak cengkeh itu sama .

  7. rheizoids says:

    nah kan minyak cengkeh dapat mengobati luka bakar,,luka nanah..nah pada lukanya tersebut meninggalkan bekas2 luka tersebut ga sih?kan kalo luka bakar itu biasanya meninggalkan bekas gitu?

  8. leliiana says:

    artikelnya bagus nilam.
    mau tanya juga nih sedikit.
    menurut artikel nilam, salah satu tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri adalah cengkeh.
    nah apakah ada tanaman lain yang dapat menghasilkan minyak atsiri? Kalau ada mohon infonya yaa..

  9. minyak cengkeh memiliki efek antibakteri. nialam kan sekarang banyak yah minyak cengkeh palsu yang mirip bangett sama minyak cengkeh asli nah itu gimana?apakah dia masih punya efek anti bakteri apa gmn??tolong jelaskan πŸ˜›

  10. dari manfaat cengkeh itu hampir mirip dengan manfaat jahe. Menurut anda banyakan mana manfaat dari cengkeh atau jahe dalam menangani masalah mikroba?

  11. regianiyunistika says:

    oke nilamm…sip berarti cuma Fe doang ya..makasih infonya πŸ™‚

  12. nilam, kira selain cengkeh punya manfaat cengkeh juga punya efek buruk atau tidak baik ga pada kesehatan?

    • hmm,, menurut saya tidak ada efek yang buruk selama penggunaannya dalam batas yang wajar,,, karena apapun yang baik bila digunakan secara berlebihan itu akan menimbulkan suatu yang tidak baik atau kerugian,,, jika minyak cengkeh digunakan terlalu banyak yah efek sampingnya kita akan merasakan rasa panas pada tubuh kita,,, πŸ™‚
      jadi gunakanlah seperlunya,,, apapun itu,,,

  13. dwipu says:

    pada saat SD ketika saya masih memiliki pohon cengkeh di dekat rumah, setiap pagi saya dengan nenek saya memunguti cengkeh yang jatuh kemudian dibersihkkan dan dijemur, nah nenek saya senang sekali mengemut buah cengkeh tersebut, apakah tidak berbahaya jika langsung dimakan? lebih bagus langsung dimakan atau dijadikan minyak atsiri dulu?

    • mau dimakan atau dijadikan minyak dulu itu tidak apa-apa ko dwi,,, asalkan cengkeh yang terjatuh tadi dicuci dlu baru dimakan jangan langsung dimakan setelah jatuh bisa” bakteri yang ada di tanah ikut termakan,,, πŸ™‚

  14. arrumsundari says:

    nilam eugenol itu dapat membunuh bakteri apa saja dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri tidak?

    • bakteri yang dapat di bunuh oleh eugenol diantaranya Salmonella dan Listeria, telah dijelaskan sebelumnya bahwa eugenol dapat merusak membran plasma pada bakteri dan ini dapat menghambat pertumbuhannya,,, πŸ™‚

  15. kartikadee says:

    nice article πŸ™‚ sebelumnya tika mau nanya nih, kan tadi katanya bunga cengkeh dimanfaatkan untuk bahan baku rokok, kalo tangkai dan daunnya dimanfaatkan untuk dijadikan minyak cengkeh ya ….
    ada perbedaan khasiatnya gak nilam, antara bunga cengkeh dengan tangkai dan daun cengkeh ?
    trima kasih.. πŸ™‚

    • terimakasih tika,,, πŸ™‚
      bunga, daun, dan tangkai dari cengkeh sama” dapat dijadikan sebagai minyak. Setiap bagian tubuh dari tumbuhan cengkeh kandungannya hampir sama saja,, dan sama” memiliki khasiat,, jika pada bunga cengkeh,, umumnya biasa dijadikan sebaga aroma terapi karena dapat mnyegarkan tubuh,,,

  16. saya setuju dengan artikel ini. di Indonesia memang kaya dengan rempah-rempah karena dapat tumbuh dengan subur di negeri ini, dan setiap rempah-rempah ini mempunyai khasiatnya masing-masing seperti halnya cengkeh ini. di artikel disebutkan minyak cengkeh bisa menyembuhkan luka nanah dan luka bakar, itu caranya gimana? apa dioleskan di atas lukanya atau dengan cara lain? dan apa bisa menutup luka itu?

    • sipp ahmad,, benar sekali Indonesia merupakan negara yang kaya akan tanaman rempahnya,,,
      minyak cengkeh ini benar dapat menyembuhkan luka bakar dan luka bernanah,, yah dengan cara dioleska pada bagian yang terkena luka dengan menggunakan kapas dipkainya secara rutin selama masa penyembuhan,,, dalam masa penyembuhan ini luka itu akan tertutup dengan sendirinya karena adanya perombakan sel yang mati dalam tubuh kita,,

  17. “Minyak cengkeh merupakan salah satu minyak atsiri yang cukup banyak dihasilkan di Indonesia dengan cara penyulingan air dan uap.”
    nah ka nilam yang mao muti tanyain kira-kira waktu penyulingannya berapa lama ya?
    terus diaartikel ka nilam juga dijelasin bahwa minyak atsiri itu mudah menguap, apa penyebabnya ka nilam?
    nah sekarangkan musin hujan yaka sering orang terkena flu termasuk saya, mungkin ga kalo kita menghirup minyak atsiri supaya hidung tersa lega?

  18. diannurmala says:

    Wah bagus nil artikelnya tentang antibiotik alami ya…. Manfaat minyak cengkeh banyak, tapi dipasaran udah susah lh dicarinya…. hehhe

  19. good article saya mempunyai pendapat yang sama dengan saudari nilam yang mengatakan banyak khasiat dari minyak cengkeh ini berikut artikel yang mendukungnya http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/02/17/minyak-cengkeh-%E2%80%93-keajaiban-dari-dunia-tropis/
    oh iyah untuk saudari nilam, apakah minyak cengekeh ini efektif jika dipakai oleh anak-anak? khan minyak cengekeh ini panas, apakah bisa dipakai oleh anak-anak atau tidak?

    • terimakasih nurul atas tambahannya,, πŸ™‚

      mungkin kurang efektif jika digunakan untuk anak” tapi kita bisa meminimalkan rasa panas tersebut jika ingin memakaikannya pada anak, belajar dari pengalaman saya, Mama saya selalu mengusapkannya terlebih dulu ketelapak tangannya sendiri untuk membalurkan minyak ke tubuh adik saya yang masih kecil, setelah itu mama saya akan menempelkan telapak tangan ketubuh adik saya, karena sifat minyak cengkeh ini mudah menguap maka tidak perlu menunggu lama untuk meminimalkan rasa panas dari tangan mama saya,,,
      kira-kira seperti itu nurul,,, semoga bisa bermanfaat yah,,,

  20. inalisna119 says:

    ternyata banyak juga ya khasiat dari minyak cengkeh,,,,,

    o iya, na mau tannya nih,, di artikel kan disebutkan salah satu khasiatnya adalah sebagai antiviral dapat menghambat DNA polimerasi virus, itu maksudnya gimana nilam?

  21. seperti yang dibilang saudari ikoh bahwa banyak sekali sekarang oknum-oknum nakal yang memalsukan minyak cengkeh tersebut.bagaimana membedakan bahwa itu minyak cengkeh asli atau palsu ? dan jika kita mendapati minyak cengkeh palsu, apakah masih berkhasiat lagi? kalau tidak kenapa?

    • lihat dari warna dan baunya,,, minyak cengkeh umumnya tidak berwarna atau bening dan memili aro yang khas dan menyegarkan.. selain itu bisa dilihat dari botol kemasannya pakah tersegel dengan baik, minyak cengkeh palsu tentu saja tidak berkhasiat. karena biasanya kalau produk yang palsu tidak di buat dari bahan aslinya, biasanya untuk membuat minyak palsu digunakan bahan seperti Solfiol (cairan pelarut bahan dasar parfum), minyak sereh, minyak kayu putih dan
      minyak sereh (agar harum) nah pencampuran dengan komposisi yang tidak tepat akan menimbulkan efek yang negatif,,, maka kita harus cermat sebelum membeli apapun,,, πŸ™‚

  22. sitifarihah says:

    zat samak tipe gallat, sianidin ramnoglukosida, kuersentin, kaemferol, mirisetin dan isokuersentin tu sprti ap sih????

    • zat samak tipe galat merupakan senyawa alkaloid (jambosin) mempunyai kemampuan menurunkan kadar glukosa darah.
      Sianida atau sianidin adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C≑N, dengan atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen. Kelompok CN dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Beberapa adalah gas, dan lainnya adalah padat atau cair. Beberapa seperti-garam, beberapa kovalen. Beberapa molekular, beberapa ionik, dan banyak juga polimerik. Senyawa yang dapat melepas ion sianida CNβˆ’ tidak beracun
      kuersentrin, kaemferol, mirisentrin dan isosentrin adalah senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan, dan biasanya terdapat dalam buah,,,,

  23. pada artikel nilam disebutkan bahwa minyak cengkeh sangst cocok untuk urut/pijat, nsmun rasa panasnya bisa 5kali melebihi panas balsem, nah apakah itu tidak berbahaya bagi kulit? misalnya menyababkan kulit terbakar atau iritasi, nah bagaimana jika hal ini sampai terjadi?

    • iyh zilah,,, minyak cengkeh ini memang sangat panas maka harus menggunakan secara tepat dan tentunya tidak berlenihan namun tidak sampai membuat kulit kita terbakar ko,,, πŸ™‚
      yah mungkin hanya iritasi, jika hal ini terjadi,, pemakaian minyak cengkeh jangan dilanjutkan, lebih baik untuk menyembuhkan luka iritasinya terlebih dahulu

  24. nurhasanah27 says:

    setuju deh sama artikel nilam πŸ™‚
    ada ga sih sisi negatif dari konsumsi cengkeh?

  25. Ka nilam kalo bubuk cengkeh sama minyak cengkeh sama ga khasiatnya ?

    • iyh,,, sama ko cingah khasiatnya,, mungkin bisa disesuaikan saja,, kalo dalam bentuk minyak pantas digunakan sebagai obat yang dioleskan di luar, sedangkan pada serbuk bisa dijadikan obat untuk di minum,,,,

  26. achlasss says:

    minyak cengkeh kan berperan sbg antiviral. lalu apakah minyak cengkeh juga bisa sbg antibiotik?

  27. stuju,,, minyak cengkeh anget, bakteri juga ngk suka tuh yang anget2

  28. anggun wicaktini says:

    sya stju dgn nilam. minyak cengkeh memiliki banyak manfaat seperti penambah aroma rasa pada masakan dan juga sbgai obat seperti obat sakit gigi dan juga bisa digunakan sebagai obat diabetes. untk lebih lengkapnya,silahkan baca di http://m.merdeka.com/sehat/minyak-cengkeh-jadi-obat-diabetes-dan-sakit-gigi.html

  29. ada efek samping dari penggunaan minyak cengkeh, diantaranya yaitu dapat menimbulkan infeksi, pendarahan, dan alergi πŸ™‚ http://www.cafeberita.com/kesehatan/herbal-vitamin-obat/2012/08/18/5-efek-samping-minyak-cengkeh/8441

  30. is good article… πŸ™‚
    oh yah nilam telah dijelaskan pada artikel anda Eugenol merupakan kandungan yang paling utama dalam minyak cengkeh. lalu bagaimana dengan Bheta caryophillen. apa kandungan di dalamnya???
    terima kasih πŸ˜€

  31. wildatiauli says:

    Wah, artikelnya biki kita jadi tau ya,, pantesan aja Indonesia dulu dijajah sama bangsa barat karena kita kaya akan rempah-rempah termasuk minyak cengkeh yang berasal berbagai daerah di Indonesia Timur, yang mengandung eugenol untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab rasa sakit.
    Indonesia memang kaya akan berbagai tumbuhan yang dapat mengatasi penyakit. Salah satunya adalah berbagai jenis minyak yang akrab di masyarakat. Agar terhindar dari efek negatif, gunakan produk yang telah terdaftar di BPOM. Jika minyak dibuat secara tradisional dan tidak teregistrasi, Anda dapat melakukan tes dengan mengoleskan pada sebagian kecil kulit pada tangan. Jika kulit memerah atau alergi, hentikan pemakaian minyak gosok tersebut(http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/375-manfaat-minyak-gosok-tradisional-indonesia.html).

  32. artikel yang menarik.
    memang cengkeh adalah rempah-rempah yang kaya akan khasiatnya dan salah satunya merupakan bahab aantibiotik alami.
    saya mau bertanya tentang rokok, rokok itu dibuat dari bahan-bahan apa saja?
    kenapa sangat berbahaya bagi tubuh, padahal didalamnya terda[at bahan2 alami yang salah satunya cengkeh?

    • Setiap batang satu rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih 4 000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan boleh membawa maut. Dengan ini setiap sedutan itu menyerupai satu sedutan maut.ketika anda merokok maka anda menghasilkan banyakbahan yang berbahaya tidak bagi anda melainkan bagi orang lain , karena jenis perokok pasif dengan aktif sangat berbeda , sebabnya adalah ketika anda merokok maka anda akan menghasilakn suatu bahan zat dari asap rokok tadi itu kepada perokok pasif ,maka secara tidak sada anda telah meracuni teman anda , saudara dan akan menimbulkan suatu kematian apabila ini berjalan secara terus menerus dengan selang waktu yang cukup lama .asap rokok yang di hasilkan memiliki banyak kandungan yang sngat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda , untuk itu berikut saya akan memberikan suatu info tentang kandungan yang di miliki oleh rokok kesayangan anda ini .Berikut kandungan zat yang ada dalam rokok:

      Β· Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks. salah satu zat yang ada dalam Rokok yang mana dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan didalam paru-paru, nikotin juga sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, karena nikotin didalam tubuh manusia bisa mengendap dan lama-lama akan merusak paru-paru , untuk tingkat kefatalannya bisa menyebabkan kanker. Dan dalam jenis ini penyakit banyak di akibatkan oleh adanya nikotin dalam tubuh adalah penyakit kanker , pernapasan dan masih banyak lainnya . kandungan nikotin yang kian numpuk dalam tubuh anda akan menyebabkan kematian secara lebih cepat dalam sel jaringan tubuh anda .
      Β· Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik. sebuah zat yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau (rokok biasa) dan bahan tanaman lain (rokok herbal) ketika seseorang merokok. Ia merupakan campuran dari beberapa zat yang bersama-sama membentuk suatu massa yang dapat melekat di paru-paru. Rokok memiliki kadar tar yang berbeda-beda. Kandungan rokok dengan kadar tar yang tinggi memiliki lebih dari 22 mg tar di masing-masing rokok, sedangkan kandungan rokok dengan kadar yang rendah memiliki kurang dari 7 mg saja. Tar dalam rokok akan meninggalkan noda pada gigi perokok dan mengubahnya menjadi kuning dan kecoklatan. Selain merubah warna gigi, zat racun ini juga dapat mengakibatkan berbagai masalah gigi dan mulut lainnya, seperti periodontitis, penyakit gusi, serta mengakibatkan kanker mulut.
      Β· Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano. Efek dari sianida ini sangat cepat dan dapat mengakibatkan kematian dalam jangka waktu beberapa menit.Gejala yang ditimbulkan oleh zat kimia sianida ini bermacam-macam; mulai dari rasa nyeri pada kepala, mual muntah, sesak nafas, dada berdebar, selalu berkeringat sampai korban tidak sadar dan apabila tidak segera ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian.
      Β· Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna. Benzene adalah toksin yang menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak dan dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. Saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita. Efek singkat menghirup high level benzene dapat mengakibatkan kematian, sedangkan menghirup low level benzene dapat menyebabkan kantuk, pusing, mempercepat denyut jantung, sakit kepala, tremors, kebingungan, dan ketidaksadaran.Long term efeknya bisa menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang dan dapat menyebabkan penurunan sel darah merah, yang mengarah ke anemia. Ia juga dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menurunkan system kekebalan, meningkatkan kesempatan infeksi, menyebabkan leukemia dan lainnya yang terkait dengankanker darah dan pra-kanker dari darah.
      Β· Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif. salah satu jenis logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Apabila Cd masuk ke dalam tubuh maka sebagian besar akan terkumpul di dalam ginjal, hati dan sebagian yang dikeluarkan lewat saluran pencernaan. Cadmium dapat mempengaruhi otot polos pembuluh darah secara langsung maupun tidak langsung lewat ginjal, sebagai akibatnya terjadi kenaikan tekanan darah.
      Β· Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol. Bahaya methanol bagi kesehatan yakni sangat mudah diserap oleh tubuh melalui rute pemberian (oral, inhalasi, topical). Didalam hati (liver) methanol akan dioksidasi menjadi formaldehid (formalin) dengan bantuan enzim alkohol dehydrogenase dan kemudian dimetabolisir lebih lanjut menjadi asam format oleh enzim formaldehid dehidrogenase
      Β· Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
      Β· Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
      Β· Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
      Β· Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
      Β· Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
      Β· Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

      kenapa rokok sangat berbahaya,, dari kandungannya saja telah jelas ka,, terlalu bnyak bahan kimia yang berbahaya dalam rokok,, perbandingannya sangat jauh,,, walau cengkeh digunakan dalam pembuatan rokok,, itu hanya ada 1/4 nya saja,,,

      • padahal rokok itu isinya rempah-rempah ya..
        mungkin karena ada proses pembakaranya sehingga terjadi perubahan dan reaksi kimia yang menimbulkan bahan-bahan yang berbahaya itu ya…
        kertas nya juga dibuat dari bahan kimia..
        berfikir dua kali buat para perokok untuk melanjutkan aksinya..
        makasi ya jwbannya..

      • iyh ka,, kandungan terbanyak dalam rokok itu kan di dominasi oleh nikotin dan tar yang banyak efek negatifnya untuk tubuh kita,, jadi rokok itu sangat merugikan,,,
        sama” kakak,, πŸ™‚

  33. di dalam artikel tersebut ditulisksn bshws minyak cengkeh bisa jadi antiviral. tapi bukannya antiviral itu spesifik ya?minyak cengkeh bisa jadi antiviral influenza juga ya?

    • iyh ka memang spesifik,, minyak cengkeh dapat dijadikan antiviral karena kandungan eugenol yang ada di dalam nya bisa berperan untuk menghambat DNA polimerase virus,,, jika dipakai untuk influenza mungkin saja bisa ka ina,,, tapi aku belum tahu seperti apa mav yah ka,,

  34. reshamaulida says:

    wow dahsyat ternyata.. padahal cengkeh di rumah selalu ada tp di manfaatkannya cuma kalau bikin kue dan saat sakit gigi, itupun caranya cuma dengan dikunyah. kira-kira bisa ga bikin minyak cengkeh sendiri, dan bagaimana caranya ?

  35. qoriqorina says:

    ooh jadi minyak cengkeh memiliki banyak manfaat ya. nilam saya pernah melihat ada orang yang suka memakan cengkeh mentah-mentah, kira-kira apakah efek dari pengkonsumsian itu ya?

  36. apakah minyak cengkeh juga dapat menghilangkan bekas luka jadi bukan hanya mnyembuhkan lukanya saja. mohon penjelasannya πŸ™‚

    • yah minyak cengkeh dapat menghilangkan bekas luka, karena minyak cengkeh mempunyai kandungan senyawa” aktif yang dapat merangsang regenerasi kulit, memperkuat jaringan kulit, menyamarkan atau menghilangkan bekas luka. salah satu senyawanya seperti kueresentin merupakan zat aktif kelas flavonoid yang dapat melindungi tubuh dan merangsang regenerasi kuit sehingga bekas luka perlahan-lahan dapat hilang

Leave a comment